• List Artikel
  • Beberapa Ilmu Tentang Makan Yang Harus Diperhatikan

Beberapa Ilmu Tentang Makan Yang Harus Diperhatikan

Beberapa Ilmu Tentang Makan Yang Harus Diperhatikan

Sebagian orang awam apabila ada suatu makanan yang jatuh ke tanah, dia berkata: "(makanan) ini sudah rezekinya (jatahnya) tanah".

Ini adalah kebodohan, apa iya tanah ada jatah makanannya?!, maka seharusnya dia ambil makanan yang jatuh tadi, dia bersihkan kalau ada kotoran (semisal debu/tanah) lalu tetap dia makan, kalaupun tidak bisa dihilangkan maka hendaknya dia timbun makanan tadi dalam tanah (sebagai bentuk menghormati rezeki makanan).


Dan sebagian mereka ada yang mengingkari untuk menjilat jari-jari (setelah makan), dan ini adalah kebodohan yang jelas (karena dalam Islam dianjurkan (sunnah) kita makan dengan tangan, lalu setelah makan kita bersihkan sisa makanan di jari-jari kita dengan cara kita menjilat makanan di jari-jari tersebut).


Dan sebagian mereka ada yang menjilat jari-jari mereka ketika masih makan (belum selesai makan), dan ini adalah sebuah kesalahan dan sedikit adab (karena yang dianjurkan adalah menjilat jari-jari setelah selesai makan, bukan ketika masih makan).


Dan juga termasuk sedikitnya adab adalah seseorang yang menggigit sebagian daging lalu dikembalikan lagi kedalam tempat lauk (padahal sudah ada bekas gigitan dia), maka itu adalah hal yang tidak pantas, karena orang-orang akan merasa jijik dengan hal tersebut (jadi seharusnya jika hanya ingin makan sebagian, cukup potong dagingnya pakai tangan lalu dimakan, bukan daging tadi kita langsung gigit sebagian lalu kita kembalikan sisanya yang ada bekas gigitan kita untuk dimakan oleh yang lain, tentu mereka akan merasa jijik jadinya).


Sumber: al-Fawaid al-Syathiriyyah / Juz 2 - Halaman 307 (Habib Salim bin Abdullah Asy-Syathiri).

Komentar
    Belum Ada Komentar
Tinggalkan Komentar