Pantangan Asam Urat, Jangan Asal Makan

Pantangan Asam Urat, Jangan Asal Makan

Pantangan Asam Urat, Jangan Asal Makan

Seperti yang sudah dijelaskan dari artikel-artikel sebelumnya yaitu Macam macam Penyebab Asam Urat dan Akibatnya.  Bahwa asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh zat purin berlebih. Penyakit asam urat juga dikenal dengan penyakit Gout. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dianggap umum. Sehingga, para penderita penyakit  ini umumnya tidak merasakan gejala apapun ketika tubuhnya terindikasi bahkan hingga penyakit asam urat tinggi. Untuk keadaan normal kadar asam urat pada pria yaitu berkisar 7mg/dl sedangkan untuk wanita berkisar pada 6 mg/dl. Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik dan tepat untuk penderita asam urat tinggi ini justru dapat enyebabkan bahaya yang lebih serius seperti gangguan fungsi ginjal serta dapat mengalami kerusakan karena pembuangan urin yang tidak lancar sehingga membuat beban ginjal terlalu berat.

Bagi penderita penyakit ini harus mengetahui macam-macam pantangan asam urat agar tidak menyebabkan penyakit asam urat semakin parah karena sembarangan mengkonsumsi makanan untuk kesehariannya. Artikel sebelumnya yaitu Macam macam Penyebab Asam Urat dan Akibatnya sudah menjelaskan tentang berbagai makanan pantangan asam urat. Jenis makanan tersebut antara lain makanan seafood, makanan kaleng, jeroan, daging, ekstrak daging, kacang-kacangan, sayuran yang mengandung zat purin tinggi, makanan yang banyak mengandung lemak dan tinggi protein, buah nanas dan durian serta makanan yang digoreng menggunakan margarin dan makanan yang menggunakan santan.

Selain jenis makanan diatas masih ada lagi pantangan penyakit asam urat yakni es krim dan keju. Nah, berbagai jenis makanan tersebut menjadi makanan pantangan penderita asam urat. Selain jenis makanan pantangan untuk asam urat akan tetapi ada hal-hal yang dianjurkan yang dapat mengurangi asam urat yakni:
1. Bagi penderita penyakit ini disarankan untuk menghindari aspirin saat mengalami sakit kepala.
2. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat potasium tinggi seperti yogurt, kentang, dan pisang.
3. Perbanyak kionsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti buah jeruk, stroberi dan pepaya.
4. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti singkong, nasi, ubi dan roti.
5. Konsumsi buah dan sayur yang dapat mengurangi asam urat seperti, belimbing wuluh, jahe, buah naga, labu kuning, sawi putih, sawi hijau, tomat dan serai.
6. Mengurangi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti permen, gula, gulali, arum manis dan sirup.
7. Hindari bekerja terlalu keras serta kecapekkan
8. Cukupi asupan energi untuk kebutuhan tubuh, sesuai dengan tinggi dan berat badan.
9. Bagi orang yang gemuk atau obesitas untuk kadar asam urat dalam tubuh biasanya cepet naik tetapi pengeluaran sedikit, jadi sebaiknya menurunkan berat badan dengan olahraga cukup.

Nah, sekarang sudah tahu beberapa pantangan makan asam urat, so anda harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar asam urat yang anda derita tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat.

rebung dan asam urat, rebung untuk penderita asam urat, Rebung untuk asam urat, apakah rebung menyebabkan asam urat, sayur pantangan bagi penderita asam urat, rebung asam urat, rebung obat asam urat, rebung untuk asam urat com, Bolehkah penderita asam urat boleh mengkonsumsi rebung, peny asam urat apakah boleh makan rebung

 

Komentar
    Belum Ada Komentar
Tinggalkan Komentar